Minggu, 21 Oktober 2012

Membuat Dokumentasi Video


Kamera video merupakan suatu perangkat keras atau Hardware, yang termasuk salah satu peralatan brocasting yang digunakan untuk memproduksi acara-acara dan penyiaran program televise serta digunakan untuk mengambil dan  merekam sebuah gambar dari sutau objek. kamera video termasuk salah satu produk teknologi digital, sehingga disebut pula salah satu perangkat digitizer yang memiliki kemampuan mengambil input data analogberupa frekuensi sinar dan mengubah ke mode digital elektronis.

Selain kamera terdapat beberapa peralatan broadcasting lainya yang mendukung untuk menghasilkan sebuah perekaman objek yang baik dan menarik. Berikut ini akan kita bahas beberapa peralatan kamera yang sering dipergunakan untuk produksi sebuah film.


 1.1  Kamera Video Mini-DV
Camera Video Mini-DV adalah sebuah sebuah kamera yang berfungsi sebagai alat perekam gambar yang  media penyimpanan hasil dari perekaman gambarnya menggunakan kaset. Walaupun media penyimpanannya memakai kaset namun kualitas gambar yang di hasilkan kamera ini sangat baik dan mudah dalam mengoperasikanya.
                         Pada dasarnya setiap camera video terdiri dari 3 bagian,yaitu:
1.Lensa
2.Body Camera
3.VTR/recorder


<!--[if !supportLists]-->         <!--[endif]-->Lensa mempunyai fungsi menangkap obyek secara optik yang menghasilkan gambar dan di teruskan ke permukaan tabung kamera(natinya oleh tabung camera di ubah lagi dari optik ke elektrik).
Jenis lensa di bedakan menurut panjang focalnya (jarak antara pusat optik lensa dengan titik di mana gambar terlihat dalam keadaan focus)
JENIS LENSA
Lensa normal
lensa ini biasa di sebut lensa standart karena gambar yang di hasilkan bersifat biasa dan datar tidak ada distorsi/melengkung.

ensa tele
lensa dgn focal length panjang,jika menggunakan lensa ini subyek jadi terasa dekat sehingga kedalaman menjadi kurang.Keuntungan menggunakan lensa ini kita dpt mengambil gambar dari jarak jauh,ruang tajam yang sempit sehingga obyek terlihat lebih jelas.Kerugiannya di samping kedalamnya kurang,goyangan sangat terasa pada hasil rekaman.

Lensa wide
lensa dgn focal length pendek,dapat mengambil gambar dgn sasaran yang lebih luas,namun penggunakan lensa wide ini memberikan efek distorsi/melengkung

Lensa Macro
Lensa ini sangat baik digunakan untuk merekam benda-benda kecil, seperti capung, serangga, buah yang kecil-kecil. Panjang fokal lensa macro antara 55-105 mm, tetapi didalam lensa macro (beda dengan lensa biasanya) ditambah beberapa jenis lensa sehingga kita bisa merekam gambar dari jarak dekat sekali, dan perbandingan antara subyek dengan yang ditangkap oleh lensa bisa mencapai 1:1.

Lensa Vario/Zoom
Lensa jenis ini merupakan penggabungan dari lensa sudut lebar sampai ke lensa tele. Jadi kita tidak perlu lagi mengganti lensa, cukup satu lensa sudah mencakup semua jenis lensa : lensa normal, lensa wide, lensa tele, dan lensa macro. Pada umumnya kamera video sudah dilengkapi dengan lensa zoom

Short focal length / wide-angle
Lensa ini akan membuat obyek terlihat jauh dari jarak sebenarnya. Ruang sempit akan terlihat lebih luas dari ukurunnya

Long focal length atau telephoto
Lensa ini mampu mendekatkan jarak sehingga obyek pada latar depan dan obyek pada latar belakang tampak berdekatan


BODY CAMERA
Body camera ini berisi tabung pengambil gambar (pick up tube) yang berfungsi untuk merubah gambar optik yang di hasilkan lensa menjadi sinyal elektrik.
Di body camera ini biasanya juga di lengkapi dgn beberapa fasilitas camera seperti: white balance,shuuter speed,digital efek dll tergantung jenis camera dan kebutuhannya

VIEWFINDER
Viewfinder merupakan monitor kecil sebagai jendela pengamat kita untuk bisa melihat obyek yang masuk ke dalam kamera. Pada umumnya viewfinder ini hanya monitor hitam putih. Tetapi ada beberapa yang berwarna seperti Handycam Sony dan Canon XL-1.
Dalam viewfinder biasanya disertai informasi fasilitas dan indicator pada saat rekaman, seperti indicator posisi kamera record atau pause/stand by, white balance, iris, dan battery atau kaset habis dan lain sebagainya.

VTR/RECORDER
Vtr berfungsi sebagai alat perekam gambar dan suara
Di beberapa camera ada yg recordernya terpisah namun ada juga yang menyatu dgn body camera,kelebihan jika recordernya jadi satu adalah keringanan dan efesiensi waktu.

Tombol Zoom berfungsi untuk mendekatkan obyek (Zoom in)  atau menjauhkan Obyek (Zoom out) secara optical, kenapa di katakan secara optical karena proses menjauh dan mendekatnya obyek ini dikarenakan pergerakan lensa kamera  


Zoom in : mendekatkan objek dari long shot ke close up
Zoom out : menjauhkan objek dari close up ke long shot.
Zooming bisa dilakukan dengan dua cara:
Manual: dengan memutar ring zoom pada lensa
Servo : Biasanya tombol zoom servo ada pada handle camera sehingga terjangkau jari pada waktu mengoperasikan kamera


Ring Fokus berfungsi untuk mengatur fokus tidaknya obyek yang di bidik
obyek yang tidak fokus di sebuat out of Focusdan gambarnya akan tampak kabur atau dikenal dngan istilah Blur
obyek yang fokus akan terlihat jelas dan detail dan di sebut In Fokus


Banyak kemera di lengkapi dengan fasilitas Auto Focus tetapi auto Fokus ini mempunyai beberapa kelemahan terutama pada saat melakukan zooming dengan cepat atau ada obyek yang melintas di depan lensa maka fokus akan berubah dengan sendirinya                                                                                                                                                        Focus adalah pengaturan lensa yang tepat untuk jarak tertentu. Gambar dikatakan fokus apabila proyeksi gambar yang dihasilkan oleh lensa jatuh di permukaan tabung atau CCD jelas dan tajam. Sehingga nampak juga di viewfinder dan monitor


Iris berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk kedalam lensa kamera dan pengaturan iris ini akan berpengaruh pada gelap terangnya obyek yang di bidik pengaturan Iris ini sangat penting karena kalo pengaturan iris ini tidak tepat maka akan mengakibatkan kelebihan (over


light )atau kekurangan cahaya ( Under light)
audio level pada kamera sagat penting, karena selain kualitas gambar, kualitas audio juga tidak kalah pentingnya. Televisi adalah gabungan antara gambar dan suara. Ada gambar tanpa audio yang bagus akan sangat mengganggu pemirsa bahkan informasi yang akan disampaikan tidak sampai kepada penonton
LCD (Liquid Crystal Display)



   LCD pada kamera video berfungsi sebagai tampilan yang banyak sekali fungsi dan gunanya. LCD dapat digunakan sebagai playback atau untuk memutar ulang hasil shoot video. Juga dapat digunakan sebagai acuan pada saat setting warna kamera dan juga sebagai alat yang menampilkan Icon-icon peringatan seperti power/baterry dll.







VTR (Video Tape Recorder)



VTR sering kali juga disebut VCR atau Video Casset Recorder, yang mana fungsinya mampu merekam hasil shoot camera dalam bentuk casset (Khusus Untuk Sony PD 170 dalam bentuk casset Mini DV).


View Finder

View Finder sering kali juga disebut sebagai jendela pelihat. yang berfungsi untuk melihat objek gambar yang akan di ambil. Warna yang dihasilkan view finder hanya ada 2 yaitu hitam dan putih, hal ini membuat banyak kameraman lebih suka menggunakan view finder untuk setting warna kamera karena di anggap lebih mudah. kita akan tahu apakah settingan kita sudah benar apa betul. karena tingkat kecerahannya terlihat jelas.



Microphone






Microphone adalah sejenis alat input suara yang mampu merekam suara dari luar untun direkam nantinya bersma video didalam VTR.
7. Dikarenakan kamera Video Sony PD 170 adalah kamera yang sering digunakan di luar ruangan (out door) maka baterai sangat diperlukan sebagai daya listrik kamera.



  
`Baterai



Sony PD170 Merupakan kamera yang sering digunakan diluar ruangan (outdoor), shingga baterai sangat diperlukan untuk sebagai daya listrik apabila kita menggunakan kamera ini diluar!! Letaknya dibagian belakang kamera yang mempunyai slot slot shingga baterai mampu menempel pada kamera.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini