Minggu, 21 Oktober 2012

Membuat Rekaman Audio


Pengertian Recording(Merekam)

Recording diambil dari bahasa inggris, tapi di belahan dunia manapun kata recording sudah sangat familiar di telinga semua orang. Dalam bahasa Indonesia, kata “recording” berarti “merekam”. Definisi recording sebenarnya “mencatat atau mengabadikan sesuatu melalui peranti rekam, sesuatu itu bisa dalam bentuk suara atau pun gambar, yang berikutnya kita dapat mendengar atau melihat kembali sesuatu tersebut layaknya bukti”.Namun dalam konteks
 ini, kita membahas “recording” yang mengacu pada “rekaman suara”.Dalam dunia “rekaman suara” istilah recording dilengkapi menjadi “recording audio”.Dikehidupan sehari-hari, recording merupakan hal penting bagi kita semua.Bagi musisi, recording bermanfaat sebagai media mengabadikan karya-karya lagunya.Bagi orang-orang film berguna untuk mengisi ilustrasi gambarnya.Bagi reporter, recording berguna untuk mencatat wawancara, dan masih banyak lagi manfaat lain dari recording.Perkembangan dunia recording tidaklah singkat, recording sudah ada sejak era Thomas Alfa Edison, dan beliau lah orang pertama yang menemukan alat rekam.


Perbedaan Antara Duplikasi dan Replikasi Disc

Perbedaan replikasi maupun duplikasi dalam proses memperbanyak atau menggandakannya, namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat jauh berbeda, dari segi proses produksi maupun dari segi kualitas hasil. Sedangkan biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing proses sangat tergantung pada jumlah keping yang ingin diperoleh.  Untuk jumlah keping yang tidak terlalu banyak, maka proses duplikasi akan lebih cepat, murah dan hemat
Sedangkan untuk keping dalam jumlah banyak, ratusan misalnya, proses replikasi jauh lebih cepat.  Secara fisik, hasil dari keduanya (duplikasi dan replikasi) juga mengalami perbedaan. Berhubung pada saat proses replikasi, maka data akan dimasukan ke dalam kepingan langsung pada saat kepingan diproduksi. Sedangkan pada proses duplikasi adalah dengan menggunakan media CD Blank yang murah (mengejar profit) kemudian di-burning dengan computer Read & Write. Biasanya lapisan atau layer ini memiliki warna kebiruan, kehijauan, kecoklatan, atau keemasan.Sedangkan hasil replikasi biasanya hanya terdiri dari dua warna saja, keperakan dan keemasan.
Untuk mengetahui seperti apa yang dimaksud dengan proses duplikasi, tentu saja tidak sulit. Sebab caranya sama seperti ketika Anda melakukan pem-burn-an dengan CD-RW/DVD-RW drive. Kepingan disc kosong (blank cd) yang telah jadi diletakkan ke dalam sebuah CD-RW/DVD-RW drive akan di-burn dengan untuk meletakkan data yang diinginkan.

Duplikasi
duplikasi adalah proses penggandaan CD/DVD melalui proses Burnning pada Disc kosong. proses ini dilakukan untuk produksi yang relatif sedikit. mesin duplikasi ada yang berbentuk CPU Bertingkat khusus yang terdapat 5 - 10 Disc rom. atau melalui CPU biasa dengan Nero. label pada CD Ini terkadang menggunakan kertas label atau merk Disc tertentu.


Kelebihan :
1. Bisa dengan kuantitas sedikit
2. Kualitas lebih baik (tergantung Merk CD Blank)
3. tidak harus repot2 ke pabrik bisa dilakukan dirumah
Kekurangan :
1. dianggap bajakan 
2. kurang elegant
3. kadang berat diputar di Rom jika menggunakan Label kertas


Contoh Disc duplikasi seperti Disc bajakan yang dijual ditepi jalan atau didepan pasar swalayan dengan harga relative murah.

Proses duplikasi cd-dvd lebih hemat jika Anda akan memproduksi CD atau DVD dalam jumlah ratusan bahkan ribuan. Sedangkan jika tidak terlalu banyak digunakan, maka proses replikasi akan memakan biaya lebih mahal per CD atau DVD-nya.

Cara duplikasi cd-dvd adalah dengan meng-copy melalui media duplicator cd dvd khusus, tetapi pemberian label di CD/DVD dengan printer khusus ( printer inkjet / cd surface printing ) yang dicetak langsung di atas permukaan CD/DVD tidak dengan ditempel sticker atau dengan stickering, sehingga penampilan CD/DVD lebih rapih/mewah dan mencerminkan profesionalisme Anda. Harga duplikasi cd-dvd akan jadi murah jika jumlah order minimal 100-150.000 keping tercapai.



Replikasi.
Replikasi merupakan Proses Penggandaan Media Disc (CD/DVD) dengan proses pabrikasi. jadi CD dibuat langsung dari bijih plastik dan tercetak beserta isinya langsung. biasanya CD ini sudah sepaket dengan Print offset pada label nya (bukan disablon atau di tempel kertas label). ciri lain dari CD ini adanya Judul CD Pada lingkaran poros kepingan CD. dan kode Barcode kode ISSN dsb.


Kelebihan :
1. lebih Elegant
2. dianggap original
3. lebih murah


kekurangan :
1. kualitas kadang kurang baik (tergantung kualitas Bijih plastik dan proses pabrikan)
2. tidak bisa duplikasi dalam jumlah sedikit (minimal 1000pcs)


Contoh Disc replikasi seperti Disc original yang hasil keluaran pabrik-pabrik yang dijual ditokoh-tokoh dengan harga lumayan mahal (tidak semua tokoh CD/DVD mejual CD/DVD original).
Cara replikasi cd-dvd, adalah melalui proses pabrikan seperti pembuatan plat terlebih dahulu, film cmyk (separasi) kemudian pencetakan dasar CD dari bahan biji plastik murni, setelah itu direplikasi datanya dan yang terakhir proses finishing adalah cetak offset gambar di permukaan CD sehingga hasilnya maksimal.
Sistem replikasi dengan sistem pabrikasi (di pabrik cd-dvd) berteknologi Glass Mastering yang mana bahan dan hasilnya amat berkualitas. Dalam hal kualitas, cara replikasi cd-dvd memberikan hasil yang lebih baik untuk ketahanan data. Kualitas sama seperti CD/DVD original yang dijual di toko-toko resmi. Jasa copy cd replikasi dapat mencantumkan Nama Perusahaan atau Judul dari CD/DVD tersebut pada bagian belakang CD/DVD. Biasanya replikasi copy cd-dvd untuk jumlah order minimal 500 keping per master. 
CD – DVD Promo sangat cocok untuk keperluan: media promosi, MLM, company profile, bonus produk / info produk, materi seminar / pelatihan, software / hadware installer, wedding invitation, cd interaktif, band2 indie / komersial, materi buku atau majalah dan masih banyak yang lainnya.
Semua tergantung kebutuhan dan keinginan Anda…


Sejarah Merekam Audio


Gramophone

Alat perekam suara pertama yaitu Phonoautograph penemuan Leon Scott telah ada sebelum Phonograph penemuan Thomas Alpha Edison yang digunakan untuk mempelajari gelombang suara pada tahun 1857.namun alat tersebut tidak digunakan untuk mereproduksi hasil rekaman tersebut. Phonograph diciptakan seiring dengan pengembangan perangkat telephone pada tahun 1870an dan pada saat itulah Edison mendapat ide untuk mencetak pesan telephone di atas kertas berlapis wax manggunakan alat electromagnetics. Setelah penemuan tersebut, bermunculan alat perekam lain seperti Graphophone dan perusahaan lain yang membuatnya.           


Pada tahun 1894, Emir Berliner mencetuskan ide untuk mencetak suara di atas piringan dan bukan silinder dengan alas an lebih mudah direproduksi. Ide piringan inilah yang berkembang menjadi disc yang kita kenal sekarang ini.                        
Phonograph, graphophone dan alat perekam lainnya adalah alat mekanik sampai tahun 1920 dikembangkan player dengan built in speaker yang mengizinkan pmutaran hasil rekaman dapat lebih keras volumenya. Hingga akhir perang dunia II, phonograph atau dikenal juga dengan Gramaphone adalah satu-satunya alat perekam dan playback yang umum digunakan, tetapi zaman sudah mulai berubah.Hollywood mulai mengambil peranan dalam perkembangan rekaman dengan menggunakan suara di film.
Tape Recording
Pada akhirnya, pengembangan tape recording yang menggantikan phonograph dan recording optical, karena lebih mudah dan biayanya yang lebih terjangkau. Tape mulai popular tahun 1950-an. Perkembangan tape recorder ini membawa perubahan yang pesat dalam membuat musik. Karena dengan tape, proses edit menjadi lebih mudah, pemberian efek fade in dan fade out bisa dilakukan. Jika sebelumnya seorang artis harus membawakan lagu dengan sempurna saat direkam, dengan adanya tape recording, proses penambalan dan edit yang lebih mudah, berbagai kesalahan dapat diperbaiki dengan mudah.

Multitrack Recording
Pada tahun 1940-an mulainya eksperimen dengan menggunakan multitrack recording yang terus berkembang menjadi lebih rumit hingga tahun 1960-an. Dengan adanya multitrack recording, teknik merekam dengan memisahkan grup artis dapat dilakukan. Efek lain yang ditimbulkan oleh multitrack recording ini adalah munculnya suara stereo. Para insiyur suara pada tahun 1930-an mulai bereksperimen dengan merekam menggunakan 2 microphone, 2 amplifier, dan 2 speaker yang menyebabkan efek aural yang menyenangkan. Pada tahun 1960-an, 8 track player yang biasa diasosiasikan dengan player untuk mobil menjadi sangat popler namun segera mati dan digantikan oleh kaset.
Digital Recording
Pada tahun 1980-an teknologi digital recording mulai berkembang. Dan pada tahun 1990-an, budaya rekaman sudah mencapai era yang sangat berubah dari budaya awal.Denagn segala kemudahan menggunakan peralatan multimedia, dengan semuanya sudah berupa file digital, hobbyist dan pemakai computer biasa sudah bisa merekam dan mengedit materi digital dan me-mixingnya.Musical Instrument Digital Interface (MIDI) juga merubah bagaimana musik dibuat.


Peralatan Merekam Audio

1.Sebuah Komputer
Tentu saja kita amat sangat membutuhkan komputer, karena yang saya bahas disini adalah rekaman berbasis digital. Semua mulai dari tunner, pemilihan fx guitar maupun bass, drum, editing, mixing, mastering kita lakukannya dengan bantuan komputer. Oleh karena itu alangkah baiknya bila komputer yang digunakan memiliki spek yang baik.Kenapa? Karena untuk melakukan kegiatan itu semua akan memberatkan kinerja processor, ram, maupun hardisk.

2. SoundCard / Converter / Audio Interface
Soundcard adalah suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.
Fungsi soundcard adalah sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker).Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia. Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu:
1. Melalui teknologi frequency modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli
.2. Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker.
3. Synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.
Cara Kerja Soundcard yaitu ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal
analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.Ketika anda merekam suara lewat microphone.suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3
Beberapa jenis soundcard:

Gambar diatas merupakan contoh gambar soundcard onboard (onboard = yang menempel pada motherboard)











Gambar diatas merupakan contoh gambar soundcard PCI


Gambar diatas merupakan contoh gambar soundcard USB dan FIREWIRE

Beberapa orang dan sound engineering (sound engineering=operator rekaman / orang yang bekerja untuk merekam audio, memperbaiki audio maupun membuat sebuah jinggle dll) menyebut soundcard dengan nama CONVETER ataupun AUDIO INTERFACE karena belum tentu sebuah CONVETER ataupun AUDIO INTERFACE berupa "kartu" yang dipasang di motherboard pada cpu komputer, karena saat ini CONVETER atau AUDIO INTERFACE ada yang berupa box, mixer dan lain-lain (soundcard eksternal).
Di sebuah soundcard ada beberapa lubang (untuk soundcard onboard maupun multimedia diberi warna yang berbeda untuk membedakannya), lubang-lubang tersebut mempunyai fungsi masing-masing.
Untuk soundcard onboard dan multi media contohnya sound blaster audigy dll banyak sekali kekurangan kekurangannya (untuk belajar mungkin masih bisa dipakai, namun bila ingin serius dan ingin hasil yang lebih memuaskan, tidak disarankan memakai soundcard2 tersebut).
Kekurangan-kekurangannya adalah:
1. Kualitas untuk merekam suara kurang bagus, banyak nya noise yang sudah pasti mengalahkan suara yang ingin anda rekam. biasanya soundcard onboard hanya bisa merekam maksimal 16bit), coba saja dibandingkan dengan soundcard yang memang di tujukan untuk spesialis rekaman yang bisa merekam maksimal 24bit bahkan 32bit!. sample rate? biasa nya soundcard onboard mempunyai sampling rate yang kecil, 44,1Khz, walaupun ada yang lebih seperti 48Khz namun tetap saja soundcard tersebut tidak disarankan untuk dipakai rekaman)
2. Latency, atau beberapa orang menyebutnya delay.walaupun bisa di akali dengan driver ASIO4ALL namun tetap saja masih terasa latencynya.
3. Koneksi masih menggunakan jack 3,5mm Sedangkan instrumen musik pakai jack 1/4 atau kabel XLR atau kabel TRS.walaupun bisa diakali dengan extention, namun belum tentu extention tersebut malah membantu, bisa saja malah membuat hasil rekaman anda semakin tidak bagus.
4. Kualitas AD/DA converter yang tidak di peruntukan untuk rekaman professional

Untuk soundcard khusus untuk recording biasa nya mempunyai spek yang berbeda-beda menurut kebutuhan.Jadi menurut saya, hal yang pertama kali anda beli adalah sebuah SOUNDCARD atau CONVETER atau AUDIO INTERFACE sesuai budjet dan kebutuhan. Semakin khz dan bit depth nya besar, akan semakin baik sample / materi yang anda rekam. (untuk soal colour dan lain-lain jangan segan-segan bertanya pada toko alat musik yang anda kunjungi)
<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->
Yang dimaksud dengan kebutuhan diatas adalah berapa channel IN PUT dan OUT PUT yang ada butuh kan (misalnya untuk merekam drum anda membutuhkan minimal 8 channel INPUT). Namun menurut saya bila hanya untuk home recording / membuat studio dirumah atau kamar anda, 2 CHANNEL INPUT sudah lebih dari cukup. Untuk drum kita bisa memakai PLUGINS / VSTi seperti Addictive drum, Fxpansion BFD2, dan lain-lain..

3. Speaker
Speaker monitor untuk rekaman / recording sangat berbeda dengan speaker multimedia. speaker multimedia biasanya melebih-lebihkan / mem-boost frequency tertentu. Biasanya speaker-speaker tersebut mem-boost pada low frequency (bass) dan high frequency (treble). Sedangkan untuk rekaman / recording membutuh kan speaker FLAT yang jujur pada frequency alias tidak melebih-lebihkan atau memboost pada frequency tertentu. Untuk mempunyai speaker yang flat mungkin akan memberatkan kantong anda. Cara mengakalinya adalah (walaupun tidak di rekomendasikan untuk tidak  menggunakan speaker yang tidak flat) 

A. Kenali speaker anda.
Kenali karakter speaker yang anda punya, apakah speaker anda mem-boost low frequency ataupun mem-boost high frequency.Karakter speaker anda, hanya anda yang mengenali dan mengerti.Gunakan feeling dan mulailah mempercayai speaker anda dikit demi sedikit. 

B. Sering-sering mendengarkan lagu-lagu referensi anda di speaker yang anda punya.
Karakter speaker anda akan mulai anda hapal seiring dengan waktu. Sering-sering lah mendengarkan lagu-lagu yang telah direkam, dimixing dan dimastering oleh para professional. 

C. Kenali karakter ruang kamar anda.
Tidak dipungkiri, studio-studio professional menggunakan tata ruang akustik yang telah di perhitungkan dengan baik. Bass trap, difusser, dan lain-lain akan menghiasi studio-studio mereka. Seperti yang diterang kan diatas, dengan sering-sering mendengarkan lagu referensi anda, anda akan lebih mengenal karakter ruangan anda.

4.Preamp
preamp digunakan untuk meningkatkan gain signal input sebelum masuk ke soundcard. bisa juga digunakan untuk coloring. kalau saya menggunakan preamp untuk mengambil panthom powenya saja. panthom power dibutuh kan bila kita mengunakan mic condensr untuk rekaman.


Gambar disamping merupakan contoh gambar preamp dari behringer "tube ultragain mic200"
Untuk yang belum bisa membeli preamp, kita dapat mengakali dengan mengganti preamp dengan efek / FX stombox yang di bypass. FX yang di bypass / tidak dihidupkan / tidak di on kan bunyi efek nya (misalnya anda mempunyai FX stombox metalzone yang sangat sangar untuk distort, jangan gunakan distort nya, namun cleannya saja, jadi istilahnya hanya "numpang lewat"), akan membantu menaikan gain dari source audio

Gambar diatas merupakan contoh gambar FX stombox dari BOSS "Metal Zone MT-2"
5. Kabel
Jangan anggap sepele soal kabel. Kabel murahan akan membuat hasil rekaman anda dikalahkan dengan suara noise, dengung dan lain-lain. Belilah kabel yang bagus bila anda ingin hasil rekaman anda terdengar layaknya rekaman professional.

6. Mic Untuk Fokal
Mic adalah alat yang digunakan untuk menangkap suara atau signal.
Vokal adalah elemen penting dalam suatu lagu. Pendengar akan merasa kecewa apabila dalam suatu lagu yang aransement nya bagus, suara audio instrument bagus, namun suara audio vokal yang tidak bagus. Dan mungkin pendengar tidak akan kembali mendengar lagu anda untuk kedua kali nya karena telanjur kecewa dengan kualitas suara audio vokal di lagu anda.
Mic yang ada saat ini ada beberapa macam yaitu Dynamic, Condenser, dan lain-lain
Untuk memilih dan membeli mic, sesuaikan dengan kebutuhan, karakter dan budget yang anda punya.Bila ingin membeli jangan segan-segan untuk bertanya pada toko musik yang anda kunjungi, tentang karakteristik mic, butuh panthom power atau tidak dan lain-lain. 
Tambahan:
-untuk merekam vokal, dianjurkan menggunakan pop filter dan stand mic

Agar suara yang direkam tidak naik turun dikarenakan vokalis band anda menyanyi menjauh dan mendekat antara mulut dan mic.









Jet Audio Basic




Selain mampu menjalankan berbagai file audio, konversi audio, Jet Audio juga memberikan fitur untuk merekam audio, baik suara yang keluar di speaker, line-in atau melalui microphone
Hasil rekaman suara bisa disimpan ke berbagai format, seperti wav, ogg, wma, flac, realmedia dan lainnya. Selain itu, hasil keluaran bisa otomatis di beri nama dengan tambahan waktu (tanggal, jam, menit,detik) sehingga bisa merekam banyak audio secara terus menerus tanpa harus bingung dengan nama file keluaran.
Jika mempunyai versi berbayar, ada tambahan fitur untuk mengatur equalizer dan band-pass ( low pass filter dan high pass filter) serta Audio Trimmer. Tetapi dengan vrsi gratis pun sebenarnya cukup memadai.



Audacity


Salah satu program gratis dan open source adalah Audacity.Selain kaya dengan software untuk editing audio, audacity juga memberikan fitur untuk merekam audio. Seperti halnya Jet Audio, Audacity mampu merekam audio/suara dari mic, line-in serta audio internal yang keluar di speaker
Audacity memberikan beberapa kelebihan dibanding JetAudio, seperti kita bisa langsung mengedit audio hasil rekaman, serta format keluaran yang lebih banyak. Hasilnya bisa di export ke berbagai format seperti : MP3, WAV, GSM 6.10 wav (untuk mobile/handphone), OGG, Flac, Mp2, WMA, AMR, M4A (AAC) dan lainnya. Selain itu Audacity tersedia untuk WIndows, Linux dan Mac OS X.





Perawatan Alat Rekam

Merawat computer:
  • Defrag harddisk secara berkala.
    Disk defragmenter berfingsi untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk
    berdasarkan jenisnya sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses
    read/write yang menyebabkan beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat
    memperpanjang umur harddisk.
    Untuk melakukan Disk Defragmenter, caranya klik menu Start > Program >
    Accesories > System Tool > Disk Defragmenter
    Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk
    screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.
  • Aktifkan screensaver
    Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yg penting. Monitor
    CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau
    monitor menampilkan gambar yg sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang
    menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu
    gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD,
    LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu
    dibutuhkan lagi.
    Cara mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah
    satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian
    pilih sesuai selera Anda.
  • Ventilasi yang cukup
    Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari
    dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan
    panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan
    menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tsb. Oleh
    karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal
    30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.
  • Pakailah UPS atau stavolt
    Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat
    mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah
    Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.
  • Tutup / close program yg tidak berguna
    Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM)
    sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg
    tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat juga beban
    kerja menjadi lebih berat yg akhirnya dapat memperpendek umur
    komponen/komputer.
  • Install program antivirus dan update secara berkala
    Untuk dapat mengenali virus/trojan baru sebaiknya update program antivirus
    secara berkala. Virus yg terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda
    menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan
    menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak
    sering diinstall ulang.
  • Bersihkan Recycle Bin secara rutin
    Sebenarnya file/folder yg kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena
    akan ditampung dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila
    Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yg sudah
    banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan
    harddisk jadi lamban.
    Caranya jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik
    Empty Recyle Bin
    Atau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup
    Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup >
    kemudian pilih drive yg mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi
    Recycle Bin kalau perlu centangi juga yg lain (seperti temporary file, temporary
    internet file), setelah klik OK.
  • Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitor
    Karena medan magnet yang ada pada speaker tersebut akan mempengaruhi
    monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.
  • Uninstall atau buang program yg tidak berguna
    Ruang harddisk yg terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write
    harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat
    rusak.
  • Bersihkan motherboard & peripheral lain dari debu secara berkala
    Setidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih
    dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card,
    Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada
    saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard dan
    mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.
  • Pasang kabel ground
    Apabila casing nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu
    dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam
    dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg seharusnya tidak
    mengalir ke luar(casing) sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih
    awet.
Tips untuk merawat speaker agar speaker awet dan tetap menghasilkan suara yang bagus

<!--[if !supportLists]-->1.      <!--[endif]-->Volume Software pemutar musik (winamp, jetaudio, dll) jangan lebih dari 75%, kalau ingin suara kencang menggelegar – keraskan volume speaker anda boleh sampe Full 100%
<!--[if !supportLists]-->2.      <!--[endif]-->kenali kemampuan speaker anda sampai batas desibel tertentu, default setting software sudah cukup untuk menghasilkan suara yg lumayan
<!--[if !supportLists]-->3.      <!--[endif]-->kalau membutuhkan penyesuaian tingkat desibel tertentu silakan menggunakan auto tuner atau preset yg disediakan software, misal : pop, rock, jazz,dst kalau masih kurang silakan ditambah efek BBE viva, Wide, Reverb, Surround,dst
<!--[if !supportLists]-->4.      <!--[endif]-->untuk yang sudah advance silakan utak atik equalizer anda dan jangan merusak telinga anda
perhatian :
usahakan istirahatkan telinga anda setelah 2 jam dengerin musik dengan volume menggelegar kelamaan bisa budeng tuh telinga.

TIPS BELI SPEAKER
  • sesuaikan kebutuhan anda pada saat membeli speaker
  • maksimalkan Budget yang ada
  • untuk dana terbatas kisaran 250k ke bawah simbadda dan advance dah lumayan (pilih yg ga terlalu banyak pernak-perniknya)
  • saat membeli perhatikan frek tinggi dan rendahnya, jangan cuma bass-nya doang yg ditest
  • pilih bahan membran speaker pada subwoof yang lapisannya karet atau elastis
  • pilih bahan dari kayu yang akustiknya oke dan tampilan juga perlu eye catchy
  • SELERA ANDA JADI PENENTU 

kualitas sub woofer/speaker dapat dilihat dari perbedaan reproduksi suara bass yang bagus, perhatikan jenis suara bass drum yang keluar dari speaker berikut : 
  1. DUB…!
  2. DUNGGG..!
pada saat volume kencang (mode surround off) bedakan suara bass drum kalau bisa hanya mengeluarkan suara 1 aja dan mampu menggetarkan dada…nah pada saat mode surround on, bass drum ada efek vibran/sustain agak panjang dan cenderung suara no.1+2 hampir bersamaan dan itulah speaker yang oke.  Jangan Pilih kalau mode surround off tapi suaranya cenderung no.2 aja atau lebih parah lagi ada getaran rrrr…atau ssss… pada speaker bahkan agak pecah – jangan pilih yang itu testing speaker silakan volume speaker full 100% tapi volume software musik diusahakan jangan melebihi 75% dan setting equalizer jangan lebay.

Tambahan sedikit:
Kenapa Volume software tidak boleh 100% sedangkan untuk speaker boleh:

ini akan memperpendek usia membran yang ada di speaker/saloon agan, paling tidak kualitas output suara jadi menurun
lama2 kelamaan bisa muncul desis/bunyi berisik lainnya
istilahnya seperti ini:
volume software = arus air
speaker = bendungan dan penyalur arus air
kalo volume sofwer 100% sedangkan volume hardwer/speaker 30% maka seperti membangun bendungan kecil untuk menahan arus air yg sangat besar, lama2 jebol tuh bendungan

Perawatan microphone

Pembersihan dan pemeliharaan yang tepat high-end mic yang paling penting. Ini perawatan mikrofon akan tergantung pada jenis yang itu. Secara umum puncak mic dapat membuka tutup dan dibawa terpisah. Hal ini kemudian memungkinkan untuk membersihkan bagian-bagian terpisah atau sebagai satu unit.(Pastikan bahwa mereka terlepas dari mic itu sendiri sebelum melanjutkan). Karena mics cenderung untuk mengumpulkan kotoran dan debu, dijadwalkan mikrofon pembersihan dan perawatan diperlukan.
Ada sekolah yang berbeda pemikiran dalam hal ini.Jika bagian-bagian yang dilepas Anda dapat membersihkan ini dengan sebuah wadah besar air hangat. Setelah menambahkan sabun un-abrasif atau cairan mencuci piring Anda dapat membenamkan gril dan layar dalam air sabun. Sebuah sikat kecil yang lembut harus digunakan dengan lembut mengambil bibir-tongkat atau puing-puing yang ada di permukaan. Hati-hati bilas semua elemen dalam suam-air hangat. Tempatkan mereka di handuk segar untuk menguras. Sebelum menempatkan kembali bagian-bagian bersama-sama memastikan semua bagian tulang kering.
Jika mic Anda tidak memiliki bagian-bagian dilepas ada teknik lain untuk
membersihkan. Semacam ini membutuhkan mikrofon jumlah tambahan perawatan. Kuas seorang seniman atau sikat apapun yang tidak kaku berguna. Hati-hati sikat dalam horizontal untuk menghilangkan kotoran yang tidak diinginkan. Juga, kita dapat melembabkan ujung kuas dengan solusi dan hati-hati bersih. Pastikan Anda meninggalkannya untuk menguras dan kering terbalik ketika kisi-kisi dibersihkan.
Ini baik untuk memiliki pemeliharaan rutin sebelum pertunjukan. Dalam rangka untuk membersihkan bakteri yang dapat membentuk dari waktu ke waktu, menggunakan sedikit obat kumur. Cobalah untuk menahan diri dari menangkap atas mikrofon atau penutup busa. Pelumas dari penanganan dapat masalah dengan banyak digunakan.
Jika Anda dapat, membaca ulasan dan saran web pada banyak cara untuk membersihkan mikrofon. Dalam merawat mic Anda, baik itu kondensor atau dinamis, ada pendekatan yang berbeda.
Semua orang sependapat dalam satu hal, dan itu adalah bahwa koneksi harus dibersihkan dalam rangka untuk terus bekerja tanpa masalah. Jangan gunakan pelarut yang tidak dirancang untuk jenis konektor. Periksa untuk memastikan bahwa semua yang Anda dibersihkan kering sebelum memasukkan ke sumber listrik.
Saat membersihkan berteknologi tinggi mikrofon yang terbaik untuk berkonsultasi manual. Sangat sering produsen akan mencakup kain pembersih dan petunjuk tentang cara menggunakannya. Bila menggunakan mereka dengan benar ini kemungkinan besar akan menambah umur panjang dari kondensor sangat sensitif.Jangan ragu untuk mengacu pada metode di manual.
Kunci dalam perawatan setiap bagian elektronik gigi pencegahan. Disimpan di tempat yang bebas debu dan kering, mic akan bertahan lama lagi. Hindari kelembaban dan mencoba untuk menyimpan dalam hard case untuk melindungi semua bagian internal. Ini cukup jelas untuk tidak pernah menjatuhkan mereka atau salah menggunakannya oleh musisi atau produser yang hanya ingin main-main dengan mereka.
Pemeliharaan rajin investasi ini akan menambah umur panjang dan kinerja mikrofon. Rekaman juga akan suara yang superior pada gigi yang diperlakukan dengan hormat dan itu akan lebih dapat diandalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini